Munthe, Eika Abigail (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131026 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123131026 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. NIM 4123131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 4123131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM 4123131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 4123131026 TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4123131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM 4123131026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 4123131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM 4123131026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM 4123131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Rantau Utara bertujuan untuk
mengembangkan, menstandarisasi, dan menguji coba bahan ajar Kimia pada
pokok bahasan hidrokarbon berbasis kontekstual. Penelitian diawali dengan
menganalisis buku kimia KTSP pada pokok bahasan hidrokarbon. Buku yang
sudah di analisis kemudian disususn dalam bentuk draf modul. Modul yang sudah
disusun kemudian di standarisasi dosen dan guru kimia sesuai dengan angket
BSNP yang meliputi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Rata-rata
penilaian dosen dosen dan guru terhadap modul adalah 3,60 yang berarti modul
sudah valid dan tidak perlu revisi. Modul yang sudah layak kemudian di uji
cobakan kepada siswa kelas X-6 SMA N 2 Rantau Utara. Sesuai dengan uji
hipotesis yakni uji t pihak kanan, dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung >
ttabel, yakni thitung = 19,77 > ttabel = 1,67 , ini berarti hipotesis alternatif (Ha)
diterima dan tolak Hipotesis nihil (Ho) yakni hasil belajar kimia menggunakan
pembelajaran kontekstual terintegrasi bahan ajar lebih besar dari harga KKM.
Hasil belajar siswa tuntas KKM berarti modul yang dibuat layak digunakan di
SMA / MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 102 |
Keywords: | Bahan Berbasis Kontekstual; Kelayakan BSNP; Standarisasi; Uji Coba Modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8475 |