PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA

Munthe, Eika Abigail (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123131026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123131026 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123131026 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123131026 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123131026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123131026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123131026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123131026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123131026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123131026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123131026 TABLES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123131026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123131026 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123131026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123131026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123131026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123131026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123131026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123131026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Rantau Utara bertujuan untuk
mengembangkan, menstandarisasi, dan menguji coba bahan ajar Kimia pada
pokok bahasan hidrokarbon berbasis kontekstual. Penelitian diawali dengan
menganalisis buku kimia KTSP pada pokok bahasan hidrokarbon. Buku yang
sudah di analisis kemudian disususn dalam bentuk draf modul. Modul yang sudah
disusun kemudian di standarisasi dosen dan guru kimia sesuai dengan angket
BSNP yang meliputi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Rata-rata
penilaian dosen dosen dan guru terhadap modul adalah 3,60 yang berarti modul
sudah valid dan tidak perlu revisi. Modul yang sudah layak kemudian di uji
cobakan kepada siswa kelas X-6 SMA N 2 Rantau Utara. Sesuai dengan uji
hipotesis yakni uji t pihak kanan, dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung >
ttabel, yakni thitung = 19,77 > ttabel = 1,67 , ini berarti hipotesis alternatif (Ha)
diterima dan tolak Hipotesis nihil (Ho) yakni hasil belajar kimia menggunakan
pembelajaran kontekstual terintegrasi bahan ajar lebih besar dari harga KKM.
Hasil belajar siswa tuntas KKM berarti modul yang dibuat layak digunakan di
SMA / MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 102
Keywords: Bahan Berbasis Kontekstual; Kelayakan BSNP; Standarisasi; Uji Coba Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:33
Last Modified: 09 Aug 2016 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item
View Item