Butarbutar, Florentina (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131037 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123131037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. NIM 4123131037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM 4123131037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 4123131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 4123131037 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4123131037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8. NIM 4123131037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NM 4123131037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM 4123131037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 4123131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penggunaan media e-learning terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi
belajar siswa pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Dolok Panribuan.
Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak empat kelas sedangkan sampel
penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan
model direct instruction menggunakan media e-learning dan kelas kontrol diberi
perlakuan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media e-learning.
Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid.
Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil
yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji
hipotesis untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t-satu Pihak
(pihak kanan) dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05)
menunjukkan bahwa thitung > ttabel (10 > 1,67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan
demikian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih tinggi
daripada peningkatan hasil belajar siswa dengan model direct instruction tanpa
menggunakan media e-learning pada materi larutan penyangga. Uji hipotesis yang
sama dilakukan untuk mengukur perbedaan motivasi belajar siswa. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa thitung > ttabel (2.5815> 1.67) maka Ho ditolak, Ha
diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa yang
dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan media e-learning lebih
tinggi dibandingkan dengan model direct instruction tanpa menggunakan media elearning
pada materi larutan penyangga. Uji korelasi dilakukan untuk mengukur
hubungan antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa rhitung > rtabel (0,377 > 0,355) maka Ho ditolak, Ha
diterima. Dengan demikian terdapat hubungan antara motivasi dan peningkatan
hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction menggunakan
media e-learning dan tanpa menggunakan media e-learning pada materi larutan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 029 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Media Pembelajaran; Larutan Penyangga |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:26 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8474 |