Samosir, Rafidah Almira (2016) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123131071Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 4123131071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. 4123131071 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. 4123131071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. 4123131071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. 4123131071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. 4123131071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. 4123131071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. 4123131071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
10. 4123131071 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. 4123131071 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
15. 4123131071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Pengaruh penerapan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang tidak dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia, persepsi siswa terhadap pembeajaran dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri, serta besar peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai T.A 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan rancangan experimen sungguhan (True Experiment Design) pada bagian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 3 (kelas eskperimen) dan kelas X MIA 4 (kelas kontrol). Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,9005).
Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 4,072 sedangkan ttabel sebesar 1,680 pada taraf α = 0,05 dan db = 46, sehingga thitung > ttabel. Hal ini berarti Ha diterima, sehingga hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang tidak dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw. Persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan e-learning berbasis weblog dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 56,51%. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw sebesar 71,30 % (hasil belajar tinggi) dan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang tidak dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw sebesar 62,30 % (hasil belajar sedang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 052 |
Keywords: | Model Jigsaw; Hukum Kimia; E-learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:35 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8452 |