PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Samosir, Rafidah Almira (2016) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4123131071Cover.pdf]
Preview
Text
1. 4123131071Cover.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4123131071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4123131071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4123131071 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. 4123131071 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4123131071 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 4123131071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4123131071 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. 4123131071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4123131071 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. 4123131071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4123131071 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 4123131071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4123131071 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. 4123131071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4123131071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. 4123131071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4123131071 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 4123131071 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4123131071 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 4123131071 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4123131071 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 4123131071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Pengaruh penerapan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang tidak dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia, persepsi siswa terhadap pembeajaran dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri, serta besar peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai T.A 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan rancangan experimen sungguhan (True Experiment Design) pada bagian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 3 (kelas eskperimen) dan kelas X MIA 4 (kelas kontrol). Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,9005).
Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 4,072 sedangkan ttabel sebesar 1,680 pada taraf α = 0,05 dan db = 46, sehingga thitung > ttabel. Hal ini berarti Ha diterima, sehingga hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang tidak dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw. Persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan e-learning berbasis weblog dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 56,51%. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw sebesar 71,30 % (hasil belajar tinggi) dan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang tidak dibelajarkan dengan e-learning berbasis weblog sebagai sumber belajar mandiri siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw sebesar 62,30 % (hasil belajar sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 052
Keywords: Model Jigsaw; Hukum Kimia; E-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:35
Last Modified: 09 Aug 2016 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8452

Actions (login required)

View Item
View Item