Hutagaol, Laila Majnun (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MEDIA LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4122131026 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2 NIM 4122131026 LEMBAR PENGESAHAN.doc.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3 NIM 4122131026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4 NIM 4122131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
5 NIM 4122131026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6 NIM 4122131026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7 NIM 4122131026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8 NIM 4122131026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9 NIM 4122131026 BAB 1.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13 NIM 4122131026 BAB 5.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14 NIM 4122131026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson
Study dengan Media LKS dan yang dibelajarkan dengan menggunakan model
Direct Instruction dengan Media LKS pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimental menggunakan Pretest-posttest Control Group
Design. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 5 dan XI IPA 7 MAN 1 MEDAN
tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan cara acak (random sampling).
Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis
lesson study dengan media lembar kerja siswa (LKS) dan kelas kontrol diajar
menggunakan model direct instruction dengan media lembar kerja siswa (LKS).
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif
dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari rata-rata gain, peningkatan hasil belajar
siswa kelas eksperimen sebesar 78% sedangkan kelas kontrol sebesar 64%.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran hidrolisis garam dengan
menerapkan model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study dengan media
LKS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction
dengan media LKS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 031 |
Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study; Model Direct Instruction; Media LKS; Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 02:58 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8442 |