IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN LABORATORIUM RIIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA DI MAN 1 STABAT

Hikmi, Risky (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN LABORATORIUM RIIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA DI MAN 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of (1)NIM 4121131020 COVER.pdf]
Preview
Text
(1)NIM 4121131020 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of (2)NIM 4121131020 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
(2)NIM 4121131020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of (4)NIM 4121131020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
(4)NIM 4121131020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of (3)NIM 4121131020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
(3)NIM 4121131020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of (5)NIM 4121131020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
(5)NIM 4121131020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of (6)NIM 4121131020 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
(6)NIM 4121131020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of (7)NIM 4121131020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
(7)NIM 4121131020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of (8)NIM 4121131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
(8)NIM 4121131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of (9)NIM 4121131020 BAB I.pdf]
Preview
Text
(9)NIM 4121131020 BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of (13)NIM 4121131020 BAB V.pdf]
Preview
Text
(13)NIM 4121131020 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of (14)NIM 4121131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
(14)NIM 4121131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kimia, siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media audio visual dan problem based learning (PBL) menggunakan laboratorium riil pada pokok bahasan asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Stabat yang berjumlah dua kelas dengan total jumlah siswa 70 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik purposif sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Masing - masing kelas terdiri atas 35 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning menggunakan laboratorium riil. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen ranah kognitif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan Instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test dengan jumlah soal sebanyak 22 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi secara expert judgement, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,36 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Dengan demikian thitung > 1,9994 maka uji hipotesis hasil belajar siswa terima Ha dan tolak Ho. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media audio visual dan problem based learning (PBL) menggunakan laboratorium riil pada pokok bahasan asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 064
Keywords: Problem Based Learning ; Media Audio Visual; Laboratorium Riil; Hasil Belajar;Asam Basa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:12
Last Modified: 09 Aug 2016 02:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item
View Item