Hikmi, Risky (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN LABORATORIUM RIIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA DI MAN 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1)NIM 4121131020 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
(2)NIM 4121131020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
(4)NIM 4121131020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
(3)NIM 4121131020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
(5)NIM 4121131020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
(6)NIM 4121131020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
(7)NIM 4121131020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
(8)NIM 4121131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
(9)NIM 4121131020 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
(13)NIM 4121131020 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
(14)NIM 4121131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kimia, siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media audio visual dan problem based learning (PBL) menggunakan laboratorium riil pada pokok bahasan asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Stabat yang berjumlah dua kelas dengan total jumlah siswa 70 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik purposif sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Masing - masing kelas terdiri atas 35 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning menggunakan media audio visual. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning menggunakan laboratorium riil. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen ranah kognitif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan Instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test dengan jumlah soal sebanyak 22 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi secara expert judgement, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,36 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Dengan demikian thitung > 1,9994 maka uji hipotesis hasil belajar siswa terima Ha dan tolak Ho. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media audio visual dan problem based learning (PBL) menggunakan laboratorium riil pada pokok bahasan asam basa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 064 |
Keywords: | Problem Based Learning ; Media Audio Visual; Laboratorium Riil; Hasil Belajar;Asam Basa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 02:12 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8434 |