Hafiz, Ibnu (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MAN 1 MEDAN TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4112141005 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 4112141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4112141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM 4112141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 4112141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4112141005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4112141005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4112141005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4112141005 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
13. NIM 4112141005 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4112141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran Langsungpada materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X MAN 1 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan IPA MAN 1Medan yang terdiri dari 420 Siswa. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster random sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakanmodel pembelajaran berbasis masalah dan kelas yangdiberi pembelajaran dengan menggunakanmodel pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas Model pembelajaran berbasis masalah dan kelas Model pembelajaran Langsung dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam.
Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 72,50 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung sebesar 60,63. Adapun perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran langsung sebesar 16,37 %. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan (α = 0,05), dimana thitung<ttabelyaitu4,479< 1,666, yang berarti Ha diterima dan menolak Ho yang berartiAda perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran Langsung pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MAN 1 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 127 |
Keywords: | Pencemaran Lingkungan; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 08:04 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8424 |