Tarigan, Aprianika Hayati (2016) INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI KOMBINASI MODEL KOOPERATIF STAD DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI MIA 5SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141007_COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4123141007_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 4123141007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 4123141007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4123141007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 4123141007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4123141007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4123141007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4123141007_BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 4123141007_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4123141007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas
siswa pada materi sistem reproduksi manusia dengan inovasi pembelajaran
melalui kombinasi model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement
Division) dengan Snowball Throwing di kelas XI MIA 5 SMA Negeri 5 Medan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam
dua siklus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung
terhadap guru (peneliti) dan siswa. Observer pelaksanaan penelitian dilakukan
oleh lima orang rekan peneliti dan dan seorang guru bidang studi biologi di kelas
XI MIA 5 SMA Negeri 5 Medan. Pengamatan dilakukan terhadap 35 orang siswa.
Indikator keberhasilan meliputi ketuntasan belajar klasikal dan observasi aktivitas
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa
sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model
Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Snowball
Throwing adalah 49,6 sedangkan rata-rata postes I adalah 68,7. Persentase
ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60%, hal ini belum mencapai
kriteria ketuntasan belajar klasikal karena belum mencapai ≥85%. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,1. Persentase ketuntasan
belajar pada siklus II sebesar 88,5%. Terjadi peningkatan ketuntasan belajar
klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 18%. Berdasarkan persentase siswa yang
aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu pada
siklus I tingkat keaktifan siswa sebesar 62,85% dan pada siklus II meningkat
menjadi 85,71%. Peningkatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II adalah
sebesar 22,86%. Demikian juga dengan peningkatan aktivitas guru dari 66,25%
pada siklus I menjadi 86,25% pada siklus II. Terjadi peningkatan aktivitas guru
sebesar 20%. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan penelitian ini dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 099 |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; STAD (Student Teams Achievement Division); Snowball throwing; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:40 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8418 |