Pasaribu, Sarana Ria Gunawati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4123121068_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2.NIM. 4123121068_PENGESAHAN-RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 4123121068_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM. 4123121068_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 4123121068_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM. 4123121068_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM. 4123121068_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM. 4123121068_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM. 4123121068_BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 4123121068_BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 4123121068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA Semester II yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berjumlah 7 soal dalam bentuk essai, lembar observasi sikap dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 41,9 dengan SD= 8,10 dan kelas kontrol yaitu 40,3 dengan SD= 7,98. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,031 dan Ftabel = 1,760 sehingga F hitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,177 < ttabel = 1997, sehingga Ho diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 80,0 dengan SD= 9,79 dan kelas kontrol = 73,3 dengan SD= 8,65.. Dari hasil pengamatan sikap dan KPS siswa diperoleh peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata 48,22% naik di siklus II menjadi 62,38% dan pada siklus III 62,97%. Penilaian rata-rata KPS pada siklus I 45,71% meningkat disiklus II menjadi 77,77% dan di siklus III 86,98%. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 4,290 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 065 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains Siswa; Penilaian Sikap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 06:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8407 |