Manullang, Ricky Marojahan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REGULASI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4123141081 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2.NIM. 4123141081 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3.NIM 4123141081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4.NIM. 4123141081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5.NIM. 4123141081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6.NIM. 4123141081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.NIM. 4123141081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8.NIM. 4123141081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.NIM. 4123141081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13.NIM. 4123141081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14.NIM. 4123141081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar biologi pada
materi sistem regulasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif
tipe NHT, (2) Hasil belajar biologi pada materi sistem regulasi siswa yang diajar
dengan model pembelajaran ekspositori, dan (3) Pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem regulasi
siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan
T.P. 2015/2016. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah
lima kelas (200 orang). Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster
Random Sampling, sehingga sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas masingmasing
kelas terdiri dari 40 orang. Kelas ekperimen dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol
denganpenerapan model pembelajaran ekspositori
Temuan penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar biologi pada materi
sistem regulasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
NHT memiliki nilai rata-rata sebesar 81,03 dengan tingkat kecenderungan hasil
belajar 80% pada kategori tinggi, (2) Hasil belajar biologi pada materi sistem
regulasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori memiliki nilai
rata-rata sebesar 71,40 dengan tingkat kecenderungan hasil belajar 72,50% pada
kategori cukup, dan (3) Adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
NHT terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem regulasi siswa kelas XI IPA
SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Hasil ini berdasarkan perhitungan uji
perbedaan nilai rata-rata postes kelas ekperimen dan kelas kontrol yang diperoleh
bahwa thitung > ttabel yaitu thitung = 9,22 > ttabel =1,667.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 069 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT); dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:45 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8406 |