Suharyanisa, - (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KELAS X SMA AL-HIDAYAH T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141092 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 4123141092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM. 4123141092 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM. 4123141092 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 4123141092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 4123141092 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4123141092 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4123141092 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
12. NIM. 4123141092 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
13. NIM. 4123141092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan Think Talk Write pada materi pokok tumbuhan paku di kelas X SMA Al-Hidayah Medan. Teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Dari tiga kelas diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X1 sebagai kelas Think Pair Share dan X2 sebagai kelas Think Talk Write. Kelas Think Pair Share terdapat 30 siswa dan Think Talk Write terdapat 30 siswa sehingga sampel berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 soal kognitif yang digunakan sebagai soal pretes dan postes. Rata-rata hasil belajar kelas Think Pair Share sebesar 76,17 dengan standar deviasi 11,65 lebih tinggi dibanding kelas Think Talk Write sebesar 70,83 dengan standar deviasi 8,72 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 5,34. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,015 dan ttabel = 1,982 pada α = 0,05. Ho diterima jika –t(1-1/2α)< thit < t(1-1/2α). Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan Think Talk Write pada materi pokok tumbuhan paku di kelas X SMA Al-Hdayah Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 114 |
Keywords: | Model Think Pair Share; Model Think Talk Write; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 03:53 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8396 |