Anggraeni, Devi Fitri (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEMRESPIRASI DI KELAS XI IPA SMA SWASTA KARTIKA I-2 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4123141020 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM.4123141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM.4123141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM.4123141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM.4123141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM.4123141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM.4123141020 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM.4123141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM.4123141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM.4123141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM.4123141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis yang diajar dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan model Pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem respirasi di kelas XI IPA SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kartika I-2 Medan yang berjumlah 749 siswa dan sampel diambil dengan teknik random sampling yang berjumlah 72 siswa.Adanya perbandingan hasil belajar antara model inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis masalah dibuktikan melalui pengujian hipotesiss dengan menggunakan uji-t dan taraf signifikan jika< 0.05 H0 ditolak, jika > 0,05 Ha diterima, hasil analisis uji-t hasil belajar diperoleh probabilitas sig 0,994 > 0,05, sedangkan analisis uji-t berpikir kritis diperoleh probabilitas sig 0,080 > 0,05.Dengan perbandingan hail belajar inkuiri terbimbing dan PBL sebesar 2,01 : 1,89 dan perbandingan berpikir kritis inkuiri terbimbing dan PBL sebesar 1,95 : 1,84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajar dan kemampuan berpikir keritis yang diajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis masalah pada mataeri sistem respirasi di kelas XI Ipa SMA Swasta Kartika I-2 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 071 |
Keywords: | Hasil Belajar; Berpikir Kritis; Inkuiri; PBL; Sistem Respirasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 03:05 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8386 |