Simanjuntak, Novita Ercahaya (2016) ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 TARUTUNG T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141068 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4123141068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM 4123141068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 4123141068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4123141068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 4123141068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM 4123141068 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4123141068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4123141068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM 4123141068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4123141068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap siswa tentang materi Jamur di kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Tarutung yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X1 dan kelas X3 yang masing-masing berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara ClusterRandom Sampling. Teknik pengumpulan data digunakan berupa instrumen tes yang terdiri dari tes kognitif sebanyak 40 soalyang telah divalidkan oleh validator kemudian diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran tes. Untuk mengetahui sikap siswa digunakan angket sikap sebanyak 40 soal pada materi Jamur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan pengetahuan siswa paling tinggi terdapat pada indikator 7tentang mengidentifikasi peran jamur dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 86,12% dan penguasaan pengetahuan siswa paling rendah terdapat pada indikator 2 tentang mendeskripsikan perbedaan masing-masing jamur sebanyak 34,28%. Hasil angket sikap menunjukkan bahwa penguasaan sikap paling tinggi terdapat pada indikator 1 tentang menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan sebanyak 91,42% dan penguasaan sikap paling rendah terdapat pada indikator Indikator 4 tentang menyampaikan ide, informasi, dan argumentasi sebanyak 64,57%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa besar nilai korelasi yang terbentuk antara pengetahuan dan sikap siswa pada materi Jamur adalah sebesar 0,789 (tinggi), dan kontribusinya adalah sebesar 62%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 064 |
Keywords: | Pengetahuan; Sikap; Jamur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:57 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8385 |