Mukra, Rizal (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121141023 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 4121141023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM 4121141023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
4. NIM 4121141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM 4121141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 4121141023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4121141023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4121141023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4121141023 BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 4121141023 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4121141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan model Project Based Learning dengan Problem Based Learning
pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X SMA
Prayatna Medan T.P. 2015/2016. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Prayatna Medan T.P. 2015/2016, yaitu
sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 246 orang siswa. Sampel diambil secara
acak (rondom sampling) sebanyak 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas yang di
ajar menggunakan model Project Based Learning dan X3 sebagai kelas yang
diajar menggunakan model Problem Based Learning, masing-masing berjumlah
39 dan 40 orang siswa. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 79
orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah eksperimen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model Project Based Learning adalah 80,00 dengan standart deviasi 8,65
sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Problem Based
Learning adalah 76,30 Dengan standart deviasi 7,86. Adanya perbedaan hasil
belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana
kriteria pengujian adalah terima HO jika < t < atau jika thitung
terletak antara-1,995 dan 1,995. Dari penelitian didapat thitung = 2,021 dan ini
berada diluar daerah penerimaan. Hal ini berarti H0 ditolak sekaligus menerima
Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar biologi siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan
model Problem Based Learning pada materi pencemaran dan pelestarian
lingkungan hidup di kelas X SMA Prayatna Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 067 |
Keywords: | Hasil Belajar; Project Based Learning; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8381 |