Rumahorbo, Cheryl Grace Pratiwi (2016) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA NEGERI 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141014_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4123141014_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 4123141014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM. 4123141014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4123141014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4123141014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4123141014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4123141014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4123141014_BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 4123141014_BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4123141014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Miskonsepsi siswa dianalisis berdasarkan indikator dan tingkat kognitif pada materi fungi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat yang telah mempelajari materi fungi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling. Dari 8 kelas dengan jumlah total 284 diambil 2 kelas sampel yaitu kelas X5 dan X6 dengan jumlah total sebanyak 70 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik dua dimensi berupa soal pilihan berganda dengan alasan terbuka dan 5 kemungkinan jawaban yang diikuti dengan pertanyaan konfirmasi tentang tingkat keyakinan atas jawaban yang dipilih setiap butir soal, serta alasan mereka terhadap jawaban yang dipilihnya. Skor tertinggi yang dicapai seorang siswa adalah +3 dan yang terendah adalah -1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi siswa pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebesar 42,78% dikategorikan miskonsepsi sedang. Miskonsepsi siswa berdasarkan indikator pada materi fungi yang paling banyak di kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat terdapat pada indikator 4 yaitu menjelaskan bagaimana cara jamur memperoleh makanan, sedangkan miskonsepsi siswa berdasarkan tingkat kognitif pada materi fungi yang paling banyak terdapat pada tingkat kognitif kreasi (C6). Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi pelajaran fungi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 049 |
Keywords: | Pelajaran Biologi; Fungi; Miskonsepsi Siswa; Tes Diagnostik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8378 |