ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA NEGERI 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Rumahorbo, Cheryl Grace Pratiwi (2016) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA NEGERI 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON PARAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123141014_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123141014_COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123141014_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123141014_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123141014_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123141014_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123141014_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123141014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123141014_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123141014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123141014_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123141014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123141014_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123141014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123141014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123141014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123141014_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123141014_BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123141014_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123141014_BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123141014_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123141014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Miskonsepsi siswa dianalisis berdasarkan indikator dan tingkat kognitif pada materi fungi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat yang telah mempelajari materi fungi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling. Dari 8 kelas dengan jumlah total 284 diambil 2 kelas sampel yaitu kelas X5 dan X6 dengan jumlah total sebanyak 70 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik dua dimensi berupa soal pilihan berganda dengan alasan terbuka dan 5 kemungkinan jawaban yang diikuti dengan pertanyaan konfirmasi tentang tingkat keyakinan atas jawaban yang dipilih setiap butir soal, serta alasan mereka terhadap jawaban yang dipilihnya. Skor tertinggi yang dicapai seorang siswa adalah +3 dan yang terendah adalah -1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi siswa pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebesar 42,78% dikategorikan miskonsepsi sedang. Miskonsepsi siswa berdasarkan indikator pada materi fungi yang paling banyak di kelas X SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat terdapat pada indikator 4 yaitu menjelaskan bagaimana cara jamur memperoleh makanan, sedangkan miskonsepsi siswa berdasarkan tingkat kognitif pada materi fungi yang paling banyak terdapat pada tingkat kognitif kreasi (C6). Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi pelajaran fungi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 049
Keywords: Pelajaran Biologi; Fungi; Miskonsepsi Siswa; Tes Diagnostik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 02:36
Last Modified: 08 Aug 2016 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8378

Actions (login required)

View Item
View Item