Tumangger, Friska Yessi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMESTOURNAMENT (TGT) DENGAN TIPE JIGSAWPADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141035 COVER.docx - Published Version
Download (20kB)
2. NIM 4123141035 LEMBAR PENGESAHAN.docx - Published Version
Download (305kB)
3.NIM 4123141035 ABSTRAK.docx - Published Version
Download (16kB)
4.NIM 4123141035 KATA PENGANTAR.docx - Published Version
Download (15kB)
5. NIM 4123141035 DAFTAR ISI.docx - Published Version
Download (17kB)
6.NIM 4123141035 DAFTAR GAMBAR.docx - Published Version
Download (15kB)
7. NIM 4123141035 DAFTAR TABEL.docx - Published Version
Download (14kB)
8. NIM 4123141035 DAFTAR LAMPIRAN.docx - Published Version
Download (14kB)
9. NIM 4123141035 BAB I.docx - Published Version
Download (21kB)
13. NIM 4123141035 BAB V.docx - Published Version
Download (15kB)
14. NIM 4123141035 DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version
Download (19kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi
siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) dengan tipe Jigsaw pada materi Ekosistem di kelas X SMA
Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah
siswa 94 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan degan teknik Sampling
Total, sebanyak 2 kelas. X1 berjumlah 46 orang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas
X2 berjumlah 48 orang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa
instrumen tes yang terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan berganda, yang diberikan
sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitin menunjukkan bahwa
rata-rata nilai postes untuk kelas TGT adalah 72,61 sedangkan rata-rata nilai
postes untuk kelas Jigsaw adalah 78,89 Setelah dilakukan pengujian hipotesis
diperoleh thitung = - 2,6118 dengan harga ttabel pada dk = (n1 + n2) – 2 = 92 dan taraf
signifikan α = 0,05 adalah 1,9771. Diperoleh thitung = - 2,6118 tidak berada
diantara - 1,9771 dan 1,9771 Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tipe
Jigsaw pada materi Ekosistem di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 083 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model TGT; Jigsaw |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8352 |