Kanura (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS VII SMP ALI IMRON MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123111038 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 4123111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. 4123111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. 4123111038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. 4123111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. 4123111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. 4123111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. 4123111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
13. 4123111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. 4123111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif
tipe Think-Pair-Share dan Student Teams Achievement Division kelas VII SMP Ali
Imron Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Ali Imron
Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A kelas VII-B
sebanyak 51 orang. Jenis penulisan ini adalah eksperimen semu. Data yang
diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah
matematik berupa uraian sebanyak 3 soal. Dari hasil analisis data diperoleh ratarata
hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui
pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share adalah 25,27 dengan simpangan
baku 3,19 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division adalah
28,20 dengan simpangan baku 2,99. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dua pihak,
dari hasil perhitungan diperoleh dengan kriteria pengujian terima
Ho dan tolak Ha jika sehingga terlihat bahwa ternyata
tidak berada dalam interval tersebut yang berarti bahwa ditolak dan
diterima atau dengan kata lain terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division Kelas VII SMP
Ali Imron Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif
tipe Think-Pair-Share dan Student Teams Achievement Division dapat dijadikan
sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa khususnya pada materi luas
bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 064 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; TPS; STAD; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 06:49 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8329 |