Wahyuni, Sri (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP SINAR HUSNI MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
4123311051 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4123311051 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4123311051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4123311051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4123311051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4123311051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4123311051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4123311051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4123311051 BAB I.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
4123311051 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4123311051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Menentukan tingkat pencapaian kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran
Quantum Teaching pada pokok bahasan kubus dan balok, (2) Untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan
model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkat pada pokok bahasan
kubus dan balok di kelas VIII SMP Sinar Husni Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model
pembelajaran Quantum Teaching pada materi kubusdan balok di kelas VIII SMP
Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Siswa kelas VIII SMP Sinar Husni
Medan Tahun Ajaran 2015/2016 terdiri dari 3 kelas paralel. Dari 3 kelas dipilih
satu kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa.
Prosedur penelitian ini yang pertama adalah memberi tes kemampuan awal
kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah
matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan
penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan materi kubus dan
balok. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus
diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian.
Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu divalidkan dengan arahan validator.
Berdasarkan hasil tes awal, diperoleh informasi rata-rata bahwa siswa
memiliki tingkat kemampuan memecahkan masalah masih rendah dengan nilai
rata-rata kelas 67,04. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat
kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata
kelas 78 dengan 27 siswa atau 77,14% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada
siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan
nilai rata-rata kelas 83,29 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar sebanyak 31 orang atau 88,57% dari seluruh siswa.
Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa penerapan
penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan kubus
dan balok di kelas VIII SMP Sinar Husni Medan dapat meningkatan kemampuan
siswa dalam memecahkan masalah. Dimana peningkatan diperoleh setelah siklus
II dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 065 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Quantum Teaching; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 06:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8328 |