PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016

Kurniawan, Rizki (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. 1. COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 1. 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
1. 2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 1. 3. Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
1. 3. Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 1. 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
1. 4. Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 1. 5. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 5. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 1. 6. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1. 6. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 1. 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
1. 7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 1. 8. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
1. 8. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 1. 9. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
1. 9. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 1. 10. BAB 1.pdf]
Preview
Text
1. 10. BAB 1.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of 1. 14. BAB 5.pdf]
Preview
Text
1. 14. BAB 5.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 1. 15. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1. 15. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematika menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik daripada model
pembelajaran inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1
Tanjung Morawa T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N
1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 318
orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling
dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang
berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen
yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam
bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas
eksperimen 1 dengan model pembelajaran PBL dan kelas eksperimen 2 dengan
model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar
27,61 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 20,083. Hasil uji t pihak
kanan dengan dk = 70 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,935 dan ttabel = 1,668
sehingga thitung > ttabel yaitu 2,935 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika
menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari model pembelajaran
inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa
T.A 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 061
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri; Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:37
Last Modified: 04 Aug 2016 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item
View Item