Kurniawan, Rizki (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1. COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
1. 2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
1. 3. Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
1. 4. Abstrak.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
1. 5. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
1. 6. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
1. 7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1. 8. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1. 9. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1. 10. BAB 1.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
1. 14. BAB 5.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
1. 15. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematika menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik daripada model
pembelajaran inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1
Tanjung Morawa T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N
1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 318
orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling
dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang
berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen
yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam
bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas
eksperimen 1 dengan model pembelajaran PBL dan kelas eksperimen 2 dengan
model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar
27,61 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 20,083. Hasil uji t pihak
kanan dengan dk = 70 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,935 dan ttabel = 1,668
sehingga thitung > ttabel yaitu 2,935 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika
menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari model pembelajaran
inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa
T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 061 |
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri; Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 04:37 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8324 |