UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2015/2016

Harahap, Khairun Nisyah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM. 4123311022 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 BAB I.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 4123311022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik
di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016, (2) untuk mengetahui
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui
pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 17
Medan T.A 2015/2016.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Medan
yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan prisma
dan limas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari setiap langkahlangkah
pemecahan masalah pada tes kemampuan awal, tes kemampuan
pemecahan masalah I dan tes kemampuan pemecahan masalah II. Langkah
memahami masalah pada tes kemampuan awal 58,20 (rendah) ,tes kemampuan
pemecahan masalah I 80,08 (tinggi), tes kemampuan pemecahan masalah II 89,45
(tinggi). Langkah menyusun rencana penyelesaian pada tes kemampuan awal
45,80 (sangat rendah) , tes kemampuan pemecahan masalah I 72,88 (sedang), tes
kemampuan pemecahan masalah II 81,47 (tinggi). Langkah melaksanakan
rencana penyelesaian pada tes kemampuan awal 52,05 (rendah) , tes kemampuan
pemecahan masalah I 78,61 (sedang), tes kemampuan pemecahan masalah II
85,38 (tinggi) serta langkah memeriksa kembali pada tes kemampuan awal 29,69
(sangat rendah), tes kemampuan pemecahan masalah I 71,48 (sedang), tes
kemampuan pemecahan masalah II 81,25 (tinggi). Sehingga diperoleh bahwa
langkah yang paling rendah pada kemampuan pemecahan masalah tersebut adalah
memeriksa kembali.
Selain itu, kemampuan peneliti mengelola pelajaran mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada kegiatan awal 2,63 menjadi 3,12. Pada
kegiatan inti 2,47 menjadi 3,05. Pada kegiatan penutup 2,75 menjadi 3,75. Maka
dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pokok
bahasan prisma dan limas SMP Negeri 17 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 067
Keywords: Pembelajaran Matematika; Teori Belajar;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:45
Last Modified: 04 Aug 2016 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item
View Item