Harahap, Khairun Nisyah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4123311022 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM. 4123311022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
NIM. 4123311022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
NIM. 4123311022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
NIM. 4123311022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
NIM. 4123311022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
NIM. 4123311022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM. 4123311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
NIM. 4123311022 BAB I.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
NIM. 4123311022 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
NIM. 4123311022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik
di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016, (2) untuk mengetahui
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui
pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 17
Medan T.A 2015/2016.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Medan
yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan prisma
dan limas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari setiap langkahlangkah
pemecahan masalah pada tes kemampuan awal, tes kemampuan
pemecahan masalah I dan tes kemampuan pemecahan masalah II. Langkah
memahami masalah pada tes kemampuan awal 58,20 (rendah) ,tes kemampuan
pemecahan masalah I 80,08 (tinggi), tes kemampuan pemecahan masalah II 89,45
(tinggi). Langkah menyusun rencana penyelesaian pada tes kemampuan awal
45,80 (sangat rendah) , tes kemampuan pemecahan masalah I 72,88 (sedang), tes
kemampuan pemecahan masalah II 81,47 (tinggi). Langkah melaksanakan
rencana penyelesaian pada tes kemampuan awal 52,05 (rendah) , tes kemampuan
pemecahan masalah I 78,61 (sedang), tes kemampuan pemecahan masalah II
85,38 (tinggi) serta langkah memeriksa kembali pada tes kemampuan awal 29,69
(sangat rendah), tes kemampuan pemecahan masalah I 71,48 (sedang), tes
kemampuan pemecahan masalah II 81,25 (tinggi). Sehingga diperoleh bahwa
langkah yang paling rendah pada kemampuan pemecahan masalah tersebut adalah
memeriksa kembali.
Selain itu, kemampuan peneliti mengelola pelajaran mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada kegiatan awal 2,63 menjadi 3,12. Pada
kegiatan inti 2,47 menjadi 3,05. Pada kegiatan penutup 2,75 menjadi 3,75. Maka
dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pokok
bahasan prisma dan limas SMP Negeri 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 067 |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Teori Belajar; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 03:45 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8319 |