Pakpahan, Ihsan Irfandi (2015) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN SOLUSINYA BERBASIS METODE NEWMAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA TOPIK SPLDV SISWA KELAS VIII MTSN 3 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121111013 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4121111013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 4121111013 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 4121111013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 4121111013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 4121111013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 4121111013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4121111013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4121111013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
10. NIM. 4121111013 Bab I.pdf - Published Version
Download (759kB) | Preview
14. NIM. 4121111013 Bab V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM. 4121111013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis metode Newman dalam pembelajaran berbasis masalah topik SPLDV. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-6 MTsN 3 Medan. Dari populasi tersebut dipilih 3 orang berdasarkan kesalahan jawaban yang dominan dilakukan oleh siswa/i kelas VIII-6 MTsN 3 Medan sebagai responden wawancara. Dari hasil analisis data tes dan wawancara diperoleh bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita pada topik SPLDV terdapat pada K4 (Keterampilan Proses) indikator b (tidak menuliskan metode penyelesaian yang digunakan). Kesalahan yang sedikit dilakukan siswa saat terdapat pada K6 (Pemahaman Konsep) indikator b (Sebagian besar informasi dalam diagram Frayer salah). Penyebab dari kesalahan-kesalahan tersebut adalah siswa tidak paham tentang topik SPLDV, sehingga siswa kesulitan untuk bekerja sama dalam diskusi dan tidak mau bertanya kepada guru saat pembelajaran. Alternatif solusi yang diberikan untuk meminimalisir kesalahan siswa adalah kepada guru dan peneliti selanjutnya, harap lebih menguasai materi beserta penerapan pembelajaran berbasis masalah dan strateginya agar siswa paham tentang topik SPLDV dan mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan pada topik SPLDV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 084 |
Keywords: | Analisis Kesalahan Newman; Pembelajaran Berbasis Masalah; SPLDV |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 03:05 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8315 |