Siagian, Philips Pasca G (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELAUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP METHODIST- 7 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111060 - COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 4123111060 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 4123111060 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 4123111060 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4123111060 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 4123111060 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4123111060 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4123111060 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4123111060 - BAB I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
13. NIM. 4123111060 - BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4123111060 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII SMP Methodist - 7 Medan yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Methodist - 7 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran sebanyak 7 soal.
Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan penalaran siswa 51,58 dengan presentase siswa yang telah mencapai skor kemampuan penalaran ≥ 65 sebesar 29,63% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 60,95 dengan presentase siswa yang mencapai skor kemampuan penalaran ≥ 65 sebesar 62,96% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 73,61 dengan presentase siswa yang mencapai skor kemampuan penalaran ≥ 65 sebesar 81,48% dari jumlah siswa.
Rata-rata nilai kategori kemampuan peneliti mengelola pembelajaran pada Siklus I ini adalah 2,72 dan termasuk kategori kurang baik. Dan rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran pada Siklus II ini adalah 3,39 yang termasuk kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas VIII SMP Methodist - 7 Medan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 080 |
Keywords: | Pembelajaran Matematiaka; Penalaran; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 02:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8310 |