Risma (2016) PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP SWASTA ISLAM PROYEK UISU SIANTAR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4121111024 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2 NIM 4121111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
5 NIM 4121111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4 NIM 4121111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6 NIM 4121111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10 NIM 4121111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
14 NIM 4121111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15 NIM 4121111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat
pengaruh pendekatan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa pada sub pokok bahasan kubus dan balok di
kelas VIII SMP Swasta Islam Proyek UISU Siantar Tahun Ajaran
2015/2016, (2) melihat level metakognisi siswa di kelas VIII SMP Swasta
Islam Proyek UISU Siantar, (3) mengidentifikasi proses jawaban siswa
ditinjau dari level metakognisi siswa di kelas VIII SMP Swasta Islam
Proyek UISU Siantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
SMP Swasta Islam Proyek UISU Siantar dan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B sebanyak 61 orang. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen. Data yang digunakan adalah tes KAM
yang diambil dari 15 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan
pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Sebelum pengujian
hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji
Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang
dilakukan diperoleh bahwa hasil tes KAM kedua sampel berdistribusi
normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan
perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai
rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar
dengan pembelajaran melalui pendekatan metakognitif adalah 64,37
dengan simpangan baku 9,47 dan rata-rata hasil tes kemampuan
pemecahan masalah matematika tanpa pembelajaran dengan pendekatan
metakognitif melainkan dengan pembelajaran konvensional adalah 45,38
simpangan baku 7,05. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil
perhitungan diperoleh t = 8,865 dan t = 2,001. Ternyata
t ≠t , sehingga ditolak dan diterima sehingga diperoleh
kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan metakognitif terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada sub pokok
bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Islam Proyek UISU
Siantar Tahun Ajaran 2015/2016. Level metakognisi siswa dapat
digolongkan kedalam tiga level metakognisi dari empat level yang ada,
yaitu Aware Use, Strategic Use, dan Reflective Use.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 091 |
Keywords: | Masalah dalam Matematika, Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 08:33 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8305 |