Mustikaarnis, Fitri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP ALI IMRON T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121111012 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM. 4121111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 4121111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 4121111012 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 4121111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM. 4121111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM. 4121111012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM. 4121111012 TABLES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM. 4121111012 APENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
10. NIM. 4121111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
14. NIM. 4121111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 4121111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika
siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada
materi pokok prisma dan limas di kelas VIII SMP Ali Imron. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan
dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Ali Imron
T.A 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Data yang diambil berupa hasil observasi dari hasil tes
pada siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan persentase aktivitas siswa memenuhi
batas toleransi waktu ideal dan persentase siswa yang memperoleh nilai minimal 65 sebanyak
85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, 1 kategori aktivitas siswa pada siklus I belum
memenuhi batas toleransi waktu ideal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa
sudah memenuhi batas toleransi waktu ideal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas
siswa dari siklus I ke siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah
76,67% siswa memperoleh nilai minimal 65 dan pada siklus II sebesar 90% siswa yang
memperoleh nilai minimal 65 artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke
siklus II sebesar 13,33% dan telah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Student Facilitator and Explaining pada materi pokok prisma dan limas dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi
dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student
Facilitator and Explaining pada materi lain yang sesuai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 057 |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar; Prisma dan Limas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 08:04 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8299 |