Muhammad (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121111020 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4121111020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM 4121111020 Kata Pengantar .pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. NIM 4121111020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5. NIM 4121111020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 4121111020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM 4121111020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4121111020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM 4121111020 BAB I.pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
13. NIM 4121111020 BAB V.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
14. NIM 4121111020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran TTW(Think Talk Write) pada materi Persamaan Kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reserch). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu kelas X MIPA 5 yang berjumlah 39 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write) pada materi Persamaan Kuadrat. Cara pengambilan data adalah melalui nilai Tes Hasil Belajar dan observasi. Tes Hasil Belajar berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes yang terdiri dari lima soal. Observasi bertujuan untuk melihat kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran yang dilakukan di kelas dan melihat aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Data hasil observasi terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung memenuhi kriteria penentuan ketercapaian persentase aktivitas siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 76,92%, dengan perincian untuk kategori sangat aktif adalah 2 siswa (5,13%), kategori aktif adalah 28 siswa (71,79%), kategori cukup aktif adalah 9 siswa (23,08%), dan kategori kurang aktif adalah 0 siswa (0%). Hasil analisis siklus I dari nilai Tes Hasil Belajar 1 diperoleh nilai rata-ratanya 59,54. Sebanyak 18 siswa (46,15%) tuntas dalam belajar sedangkan 21 siswa (53,85%) tidak tuntas. Dan hasil analisis siklus II dari nilai Tes Hasil Belajar II nilai rata-ratanya 71,74. Sebanyak 34 siswa (87,18%) tuntas dalam belajar sedangkan 5 siswa (12,82%) tidak tuntas dalam belajar. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Persamaan Kuadrat dengan menerapkan Strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write). Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write) sudah sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 085 |
Keywords: | Belajar Pembelajaran, Persamaan Kuadrat |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 07:20 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8295 |