Warasi, Murnilam (2015) STUDI KOMPARATIF TERHADAP GAYA BELAJAR, SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA KELAS UNGGULAN DENGAN SISWA KELAS REGULER SMP BINTANG LAUT TELUKDALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182034 COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM. 8136182034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 8136182034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 8136182034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM. 8136182034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM. 8136182034 TABLES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM. 8136182034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 8136182034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM. 8136182034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM. 8136182034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 8136182034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika, gaya belajar dan self-efficacy terhadap Matematika antara Kelas Unggulan dengan Kelas Reguler. Merupakan penelitian kausal komparatif bersifatex post facto terhadap dua sampel independen. Dilaksanakan di SMP Bintang Laut Teluk dalam. Memiliki tiga variabel: hasil belajar Matematika, gaya belajar dan self-efficacy. Hasil belajar Matematika diperoleh melalui studi dokumentasi dan hasil tes. Gaya belajar dan self-efficacy diperoleh melalui angket. Perbedaan hasil belajar Matematika dianalisis dengans tatistik t'-test. Nilait'hit = 7,760 sedangkan nilait'tab (0,05;118) = -1,658. Nilait'hit > t'tab, maka hipotesis H0 diterima. Kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara Kelas Unggulan dengan Kelas Reguler. Hasil belajar Matematika Kelas Unggulan lebih tinggi dibandingkan Kelas Reguler. Variabel self-efficacy terhadap Matematika dianalisis dengan menggunakan statistic t'-test. Nilai t'hit = 2,087 dannilai t'tab (0,05;118) = -1,658. Nilai t'hit > t'tab, ,sehingga hipotesis H0 diterima. Kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan self-efficacy terhadap Matematika antara Kelas Unggulan dengan Kelas Reguler. Tingkat self-efficacy Kelas Unggulan terhadap Matematika lebih tinggi dibandingkan Kelas Reguler. Persentase jumlah siswa Kelas Unggulan berdasarkan gaya belajar: visual 15%, auditorial 62%, kinestetik 23%. Sedangkan Kelas Reguler: visual 7% auditorial 66%, kinestetik 27%. Disimpulkan terdapat perbedaan gaya belajar antara Kelas Unggulan dengan Kelas Reguler ditinjau dari persentase siswa pada jenis gaya belajar. Secara umum sebagian besar siswa memiliki gaya belajar auditorial. Sebagian lagi visual atau kinestetik. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, maka diharapkan guru membelajarkan siswa sesuai karakteristiknya masing-masing. Melalui komparasi Z-score (Z) diperoleh nilai Zhasil belajar Matematika berdasarkan gaya belajar: nilai ZV= 0,16; nilai ZA =-0,05 dan nilai ZK= 0,07. Nilai ZV >ZA dan nilai ZV> ZK. Kesimpulan gaya belajar visual berkontribusi lebih besar terhadap hasil belajar Matematika. Temuan pada beberapa siswa memiliki self-efficacy tinggi terhadap Matematika, tetapi hasil belajar Matematikanya rendah bahkan paling rendah. Bandura berpendapat kemungkinan hal ini dapat terjadi antaralain, karena proses kognitif yang tidak akurat dalam merefleksikan realitas dirinya sehingga muncul perilaku yang salah atau Gaya belajarnya yang belum terakomodir dengan baik dalam proses pembelajaran. Menjadi masukan bagi guru dan bagi peneliti berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 War s |
Keywords: | Komparasi; Belajar; Self efficacy; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 03:52 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8289 |