Mustika, Indah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.A 2014/2015. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. 3102111006 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 3102111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
4. 3102111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. 3102111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. 3102111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. 3102111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 3102111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 3102111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. 3102111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. 3102111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Aktivitas belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan T.A 2014/2015 dengan Model pembelajaran Cooperative (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dilakukan post test begitu juga dengan siklus II. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. dapat dilihat Dari Siklus I Adapun peningkatannya adalah pada tes awal nilai rata – rata 58,78 dengan 13 siswa yang mengalami ketuntasan (39,3%) dan 20 siswa yang belum tuntas 60,6% dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran cooperatif nilai rata – rata meningkat 1 dan nilai awal menjadi 64,54 pada siklus pertama dengan 14 siswa yang mengalami ketuntasan (42,4%) dan siswa 19 siswa yang belum tuntas (57,6%). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata – rata kelas meningkat dari siklus pertama menjadi 77,87 pada siklus II dengan siswa yang mengalami ketuntasan 29 siswa 87,9% dan 4 siswa yang belum tuntas ( 12,1%).
Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Cooperative Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan T.A 2014/2015 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran cooperatif dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 371.102 Mus p |
Keywords: | Hakikat Hasil Belajar, Model kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 03:20 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8284 |