Yunita, Isma (2016) PENGARUH STRATEGI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR MODEL FLEMING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI DI KELAS V SDIT KHAIRUL IMAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. ISMA YUNITA NIM 8146181009 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
02. ISMA YUNITA NIM 8146181009 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (159kB) | Preview
03. ISMA YUNITA NIM 8146181009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
04. ISMA YUNITA NIM 8146181009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
05. ISMA YUNITA NIM 8146181009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
06.ISMA YUNITA NIM 8146181009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
07. ISMA YUNITA NIM 8146181009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
08. ISMA YUNITA NIM 8146181009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
09. ISMA YUNITA NIM 8146181009 BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. ISMA YUNITA NIM 8146181009 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. ISMA YUNITA NIM 8146181009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi pembelajaran trading place dan ekspositori terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. (2) Pengaruh perbedaan gaya belajar visual, auditori, read/write, dan kinesteti terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, dan (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan cluster random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar berupa tes essay dan angket gaya belajar. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe trading place berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dengan strategi ekspositori, gaya belajar kinestetik berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan gaya belajar visual, auditori, dan read/write, serta terdapat interaksi antara strategi belajar aktif tipe trading place dan gaya belajar dan mempengaruhi hasil belajar PKn siswa. Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran trading place sebesar 82.9 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori sebesar 59.7. Pada uji ANAVA bahwa sig < 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi belajar dan gaya belajar. siswa yang diajar dengan strategi belajar aktif tipe trading place untuk semua gaya belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan siswa yang diajar dengan strategi ekspositori. Untuk siswa yang sama-sam diajar dengan strategi belajar aktif tipe trading place didapat bahwa gaya belajar kinestetik yang memperoleh hasil belajar terbaik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Yun p |
Keywords: | Hasil belajar PKn; Gaya belajar; Strategi belajar aktif tipe trading place |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 09:08 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8273 |