Siregar, Waliyul Maulana (2016) KONTRIBUSI TINGKAT PEMAHAMAN PERUMUSAN PANCASILA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU SD NEGERI KECAMATAN MEDAN HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.
1. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. WALIYUL MAULANA SIREGAR NIM 8146181048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Kontribusi tingkat pemahaman perumusan Pancasila terhadap kompetensi kepribadian guru SD Negeri Kecamatan Medan Helvetia, (2) Kontribusi tingkat pemahaman perumusan Pancasila terhadap kompetensi sosial guru SD Negeri Kecamatan Medan Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Dalam penelitian ini, peneliti memilih pengambilan sampel dengan metode probability sampling, yaitu proportionate cluster sampling dikarenakan penentuan sampel memerhatikan kesamaan ciri atau kondisi tertentu yang bersifat tidak berjenjang, dengan jumlah sampel sebanyak 96 guru SD Negeri Kecamatan Medan Helvetia. Instrumen terdiri dari tes pemahaman perumusan Pancasila, angket kompetensi kepribadian menggunakan skala likert dan angket kompetensi sosial menggunakan skala kontinu. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan perumusan pemahaman Pancasila dengan kompetensi kepribadian dan sosial guru digunakan korelasi Spearman R.Hasil dari penelitian yaitu: 1) Terdapat kontribusi tingkat pemahaman perumusan Pancasila terhadap kompetensi kepribadiandengan kategori kuat sebesar 0,666 dengan sumbangan efektif 44,36%, 2)Terdapat kontribusi tingkat pemahaman perumusan Pancasila terhadap kompetensi sosial dengan kategori sedang sebesar 0,456 dengan sumbangan efektif 20,8%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sir k |
Keywords: | Pemahaman perumusan pancasila; Kompetensi kepribadian; Kompetensi sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 08:55 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8271 |