PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MIN MEDAN SUNGGAL

Lubis, Maulana Arafat (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MIN MEDAN SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bentuk komik materi keputusan bersama kelas V. Penelitian ini dilakukan karena minat membaca siswa masih rendah dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah, termasuk pada siswa kelas V MIN Medan Sunggal kecamatan Medan Sunggal. Selain itu, buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang beredar di sekolah masih menggunakan bahasa formal dan deskriptif sehingga belum memberikan pemahaman bagi siswa. Hal ini berdampak pada minat dan motivasi belajar PKn siswa yang kurang dan hasil belajar materi keputusan bersama siswa yang rendah.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Medan Sunggal kecamatan Medan Sunggal pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development/ R&D), ADDIE. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah (1) Analisis kebutuhan guru dan siswa, (2) Desain komik, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Analisis data validitas bahan ajar komik, (2) Analisis data tes hasil belajar, (3) Analisis peningkatan tes hasil belajar, (4) Analisis efektivitas penerapan bahan ajar komik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 5 orang pakar, yakni 2 ahli bidang materi PKn dengan memperoleh nilai persentase 91,0%, 1 ahli bidang ilustrasi gambar dengan nilai 92,5%, dan 2 ahli bahasa dengan nilai 88,3% . Demikian pula dengan tes hasil belajar siswa yang menggunakan validitas product moment. Rerata perolehan skor pada tes awal di kelas V-B sebelum menggunakan bahan ajar yang dikembangkan hasil rata-rata pretes 15,8 dan postes 30,1. Sedangkan di kelas V-C sesudah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 81,8. Berdasarkan pengamatan aktivitas guru, siswa, kesan guru, respon siswa, dan hasil belajar siswa yang meliputi ketuntasan tujuan dan klasikal, maka penerapan komik dinyatakan efektif dan sangat baik.
Konsekuensi logis dari penerapan komik dan model problem based learning berimplikasi pada meningkatnya minat, perhatian, partisipasi, hasil belajar siswa dan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Lub p
Keywords: Hasil belajar Pkn; Bahan ajar komik; Model problem based learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:47
Last Modified: 02 Aug 2016 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item
View Item