Sari, Mutia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDIT KHAIRUL IMAM. Masters thesis, UNIMED.
1. MUTIA SARI 8146181021 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. MUTIA SARI 8146181021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. MUTIA SARI 8146181021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. MUTIA SARI 8146181021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. MUTIA SARI 8146181021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. MUTIA SARI 8146181021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. MUTIA SARI 8146181021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. MUTIA SARI 8146181021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. MUTIA SARI 8146181021 BAB I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. MUTIA SARI 8146181021 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. MUTIA SARI 8146181021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui; (1) pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan sosial siswa; (2) pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SDIT Khairul Imam. Penelitian ini berjenis Pre-Experimental Design. Analisis data menggunakan uji-t berbantuan SPSS 22.0. Populasi dalam penelitian in adalah adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Khairul Imam, sedangkan sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas IVA dan 28 siswa kelas IVB. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan lembar pengamatan keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan sosial siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan bahwasanya persentase dari siswa terhadap kriteria indikator keterampilan sosial yaitu pada kelas kontrol terdapat 11% siswa memiliki keterampilan sosial tinggi, 68% siswa memiliki keterampilan sosial sedang dan 21% siswa memiliki keterampilan sosial rendah. Sedangkan pada siswa yang diajarkan dengan menggunkan model Problem Based Learning persentase dari siswa terhadap kriteria indikator keterampilan sosial yaitu pada kelas kontrol terdapat 25% siswa memiliki keterampilan sosial tinggi, 71% siswa memiliki keterampilan sosial sedang dan 4% siswa memiliki keterampilan sosial rendah.Dan (3) Hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hal tersebut berdasarkan perolehan skor thitung (=11,743) lebih besar dari nilai ttabel (=1,671) dan berdasarkan karakteristik kedua model pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sar p |
Keywords: | Keterampilan sosial; Hakikat hasil belajar; Model problem based learning; Model pembelajaran konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 08:41 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8269 |