Sihombing, Samuel S (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 107402 SAINTIS TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 107402 Sainis Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107402 Saintis yang berjumlah 35 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran lari sprint melalui pendekatan bermain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar lari sprint diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian berupa portofolio, penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya : dengan diberikan penerapan melalui model pembelajaran pendekatan bermain, maka diperoleh tes hasil belajar pada siklus I sebanyak 18 orang siswa yaitu 51% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 17 orang siswa yaitu 49% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 69,76 (tidak tuntas). Namun pada siklus I belum dapat memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal seperti yang diharapkan yaitu 85%. Maka dilakukanlah tes hasil belajar siklus II dengan memperoleh data sebanyak 31 orang siswa yaitu 88,57% yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 orang lainnya masih belum tuntas dengan nilai sebesar 11,42 % dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 82,38 (tuntas). Dengan kata lain terdapat peningkatan klasikal siklus I 51% menjadi 86,11 % pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint siswa kelas V SD Negeri 107402 Saintis tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 020 |
Keywords: | Lari sprint; Pendekatan bermain; Pendidikan jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 07:30 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8247 |