Dermawan, Indra (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARDRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112092 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 6113112092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM. 6113112092 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 6113112092 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 6113112092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 6113112092 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 6113112092 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 6113112092 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 6113112092 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13. NIM. 6113112092 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 6113112092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 3 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar dribbling. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 17 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 67,9dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 43,3%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 76,46% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 13,34% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar dribblingsepak bola pada siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 3 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 009 |
Keywords: | Permainan sepak bola; Dribbling dengan kaki bagian dalam; Pendekatan bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:52 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8236 |