Malau, Mawardi Nur (2016) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112120_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 6113112120_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 6113112120_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 6113112120_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 6113112055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 6113112120_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6113112120_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 6113112120_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 6113112120_BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM. 6113112120_BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 6113112120_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). jumlah sampel 38 orang siswa yang diantaranya, 17 siswa putra dan 21 siswa putri.
Melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola, mulai dari observasi,siklus I hingga pada siklus II. pada observasi awal yang dilakukan terdapat 9 siswa (23,68%) yang berhasil mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 29 siswa (76,31%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 59,65. dari tes hasil belajar siklus I terdapat 20 siswa (52,63%) yang berhasil dalam mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 18 siswa (47,36%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan nilai rata-rata 65,67. Pada siklus II terdapat 31 siswa (81,58%) yang berhasil dalam mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa (18,42%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76,75. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola melalui penerapan variasi pembelajaran pada siklus I dan II Sebesar 11,08.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa variasi pembelajaran dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKR 030 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Model Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 03:44 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8228 |