Rahman, Arief Aulia (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMPN 3 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171008. COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 8146171008. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM. 8146171008. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
4. NIM. 8146171008. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM. 8146171008. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
6. NIM. 8146171008. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 8146171008. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
8. NIM. 8146171008. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 8146171008. BAB 1.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM. 8146171008. BAB 5.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
14. NIM. 8146171008. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; 3) peningkatan self-efficacy siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; dan 4) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan di kelas VII-1 dan VII-6 SMPN 3 Langsa untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan Uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan self-efficacy siswa; dan 4) respon positif siswa terhadap aktivitas dan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Rah p |
Keywords: | Pengembangan perangkat; Model 4-D; Pendekatan realistik; Pemecahan masalah; Self efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 03:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8223 |