UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN METODE DRILL BERVARIASI PADA SISWA KELAS XII SMA SWASTA KESUMA BANGSA KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016

Habibi (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN METODE DRILL BERVARIASI PADA SISWA KELAS XII SMA SWASTA KESUMA BANGSA KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM  6103311096 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 6103311096 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 6103311096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 6103311096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM  6103311096 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 6103311096 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM  6103311096 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM 6103311096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM  6103311096 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 6103311096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM  6103311096 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 6103311096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM  6103311096 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 6103311096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM  6103311096  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM 6103311096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM  6103311096 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 6103311096 BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM  6103311096 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 6103311096 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM  6103311096 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 6103311096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan metode drill bervariasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Swasta Kesuma Bangsa Londut Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang, diantaranya terdiri dari20 orang siswa putra dan 10 orang siswa putri.Pada proses pembelajaran, penelitian ini mengunakan empat variasi yaitu: 1.Passing Bola Saling Berhadapan, 2.Passing Maju Mundur Dengan Bantuan 1 Siswa, 3.Menendang Bola Ke Arah Gawang Yang Terbuat Dari Kun, 4.Variasi Bermain Lapangan Kecil Bola Menjadi Media Gawang.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam yaitu 21 (70%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 9 (30%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Pada siklus I secara keseluruhan dirata-ratakanmencapai 70,45%. Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam yaitu 27 (90%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 3 (10%) siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata mencapai 86,67%.Dari siklus I kesiklus II terjadi peningkatan sebesar 16,22 %.
Penelitian ini menyimpulkan dengan metode Drill Bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam permainan sepak bola kelas XII SMA Kesuma Bangsa Londut Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PJS 030
Keywords: Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:08
Last Modified: 01 Aug 2016 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8217

Actions (login required)

View Item
View Item