Sahara, Nur (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMA KOTA PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171039 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 8136171039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 8136171039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 8136171039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 8136171039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. NIM. 8136171039 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8136171039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 8136171039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 8136171039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 8136171039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM. 8136171039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistic terhadap kemampuan representasi matematik dan self efficacy siswa, 2) peningkatan kemampuan representasi matematik dan self efficacysiswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik, 3) respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistikdan 4) respon siswa terhadap pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku pegangan guru, buku siswa lembar kerja siswa , rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan instrumen-instrumen sepertiobservasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan guru, pedoman wawancara dan pengamatan sikap siswa.Pengembangan instrumen dan bahan ajar berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Yang meliputi proses tahapan define, desaign, develop, dan disseminate. Namun dalam penelitian ini pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik ini sampai tahap diseminate.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 SMA Negeri 4Padangsidimpuan. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh: 1) bahan ajar yang memenuhi kriteria kevalidan dengan predikat sangat valid, 2) bahan ajar yang praktis berdasakan hasil revisi dari tim ahli, hasil observasi pada saat proses pembelajaran dan hasil wawancara, serta 3) memenuhi kriteria keefektifan pencapaian persentase waktu ideal, hasil tes kemampuan representasi matematis memenuhi ketuntasan, dan dari hasil angket respon guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sah p |
Keywords: | Bahan ajar; Pendekatan matematika realistik; Model pengembangan 4-D; Kemampuan representasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 09:35 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8207 |