Fajar, Muhammad (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 PULAU RAKYAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6113311082 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. NIM 6113311082 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
4. NIM 6113311082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
5. NIM 6113311082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 6113311082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 6113311082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM 6113311082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM 6113311082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
10. NIM 6113311082 BAB I.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 6113311082 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
15. NIM 6113311082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X TKR yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bola voli.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing bawah bola voli. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 23 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 63,88% dengan nilai rata-rata 72,91 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 36,11%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 80,32 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,88% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui model pembelajaran kooperatif tipe jidsaw dapat meningkatkan passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 023 |
Keywords: | Hakikat pembelajaran kooperatif; hakikat pendidikan jasmani; hakikat model pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 08:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8200 |