Martisyam, Neno Rahmat (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 PULAU RAKYAT KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311094 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 6113311094 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM. 6113311094 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 6113311094 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 6113311094 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM. 6113311094 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM. 6113311094 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 6113311094 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 6113311094 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM. 6113311094 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 6113311094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas melalui penerapan gaya mengajar Resiprokalpada siswa kelas XSMKNegeri1 Pulau RakyatTahunAjaran 2015/2016.Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X TKR 2 yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan penilaian proses passing atas bola voli.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing atas bola voli. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 23 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 63.88% dengan nilai rata-rata 72,91dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 36,12%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 80,32 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,88% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan passing atas bola voli pada siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 054 |
Keywords: | Hakikat mengajar dan gaya mengajar; hakikat permainan bola voli; hakikat passing atas bola voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 06:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8186 |