Nasution, Nur Asyiah (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP NEGERI PANYABUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171059 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 8146171059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 8146171059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 8146171059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM 8146171059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 8146171059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 8146171059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM 8146171059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8146171059 BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. NIM. 8146171059 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8146171059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self regulated learning siswa SMP; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan menggunakan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri; 3) peningkatan self regulated learning siswa SMP dengan menggunakan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Panyabungan, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sekolah yang dijadikan sebagai sampel untuk uji coba adalah SMP Negeri 1 Panyabungan kelas VIII-8 dan VIII-5. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) bahan ajar memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari
a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) respon siswa; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri;
3) peningkatan self regulated learning siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis model pembelajaran inkuiri sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 Nas p |
Keywords: | Model pembelajaran inkuiri; Komunikasi matematis; Self regulated learning; Model 4-D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8179 |