Damanik, Muchsin Wira (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I.) UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112130 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 6113112130 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 6113112130 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 6113112130 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 6113112130 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 6113112130 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 6113112130 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 6113112130 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. NIM. 6113112130 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM. 6113112130 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 6113112130 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar Teknik Dribbling Bola Basket melalui penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (T.A.I) pada siswa/siswi kelas XI-AP1 SMK Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas XI-AP1 yang berjumlah sebanyak 36 siswa yang akan diberikan tindakan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) terhadap proses belajar Teknik Dribbling Bola Basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research).
Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis: Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) (pre-test)diperoleh 6 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (16,67%), sedangkan 30 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (83,33%) dengan nilai rata-rata 57,71. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.). Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (61,11%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (38,89%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 72,89. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 31 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (86,11%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (13,89%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 82,72. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I kesiklus II mencapai 25% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 9,83.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) dapat meningkatkan proses hasil belajar Teknik Dribbling Bola Basket pada siswa/siswi kelas XI-AP1 SMKNegeri 1 Kisaran Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 048 |
Keywords: | Hakikat permainan bola basket; hakikat dribbling bola basket; team assisted individualization |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:30 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8178 |