Purba, Jhon Edwin (2016) PENERAPAN METODE VISUAL AUDITORY KINESTETHIC DAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAIANAN BOLA BASKET SISWA KELAS X SMK YAPIM TARUNA SEI ROTAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.Cover.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
02.Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
03.Abstrak.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04.Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
05.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
06.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08.Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09.BAB I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bola basket melalui penerapan metode visual auditori kinestethic dan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ yang terdiri dari 25 siswa, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian prose dribbling bola basket.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dribbling bola basket. Setelah siklus I dilaksanakan maka di peroleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 25 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 60% dengan nilai rata-rata 73,04.Dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 10 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 40%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka di peroleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 25 orang terdapat 22 orang yang telah tuntas yaitu sebesar 88% dengan nilai rata-rata 84,dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang yaitu 12%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode visual auditory kinestethic dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas X SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 045 |
Keywords: | Hakikat dribbling; hakikat bola basket; hakikat variasi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:00 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8173 |