PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Harahap, Irham Habibi (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172042 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172042 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172042 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136172042 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172042 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136172042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172042 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136172042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172042 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136172042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172042 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136172042 TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172042 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136172042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172042 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136172042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136172042 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136172042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172042 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136172042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) Perbedaan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (3) Kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran berbasis masalah, (4) Pola ragam jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Sibuhuan. Secara acak, dipilih satu sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMP Negeri 1 Barumun sebanyak dua kelas dari tujuh kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematik, angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,823 dan 0,8012 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket motivasi belajar siswa.
Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematik dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA), Angket motivasi belajar siswa dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil anakova untuk Fhitung =28,643 lebih besar Ftabel 4,007 (2) Terdapat Perbedaan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari nilai Asymp Sig. (two tailed) adalah 0,000 < 0,05. (3) Kadar Aktivitas aktif siswa telah memenuhi waktu persentase ideal yang ditetapkan (4) Proses Penyelesaian jawaban siswa yang dikenakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: (1) Pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan motivasi belajar siswa siswa, dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis masalah adalah efektif. Guru matematika diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Har p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Motivasi belajar siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:21
Last Modified: 29 Jul 2016 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8171

Actions (login required)

View Item
View Item