PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DENGAN PEMANFAAATAN MEDIA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS X MAN 2 TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2015/2016

Ridho, Fahmir (2016) PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DENGAN PEMANFAAATAN MEDIA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS X MAN 2 TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6103111026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6103111026 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6103111026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6103111026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6103111026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6103111026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6103111026 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6103111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6103111026 DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6103111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6103111026 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6103111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6103111026 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6103111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6103111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6103111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6103111026 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6103111026 BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6103111026 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6103111026 BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6103111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6103111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Lokasi Penelitian berada di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Waktu penelitan ini akan dilaksanakan pada bulan januari tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu dari kelas X MAN 2 Tanjung Pura yaitu kelas X8 dengan jumlah 36 orang siswa, putra 15 orang dan putri 21 orang.
Berdasarkan hasil belajar siswa adanya peningkatan proses hasil belajar tolak peluru “melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dan pemanfaatan media modifikasi” pada siklus I, setelah tes hasil belajar I dapat diketahui bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan tehnik dasar tolak peluru masih rendah. Dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 12 orang siswa (33,33%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 24 orang siswa (66,67%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 67,13%. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 30 orang siswa yang tuntas (83,33%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 6 orang siswa (16,67%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 84,03%.
Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dan pemanfaatan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PJS 059
Keywords: Hakikat atletik; hakikat tolak peluru; hakikat media modifikasi tolak peluru
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:10
Last Modified: 29 Jul 2016 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item
View Item