Hutagalung, Zulrahman (2016) PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN DAN PENDEKATAN TEKNIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IX MTS. EX PGA PROYEK UNIVA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6113112208 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 6113112208 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM 6113112208 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 6113112208 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM 6113112208 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM 6113112208 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 6113112208 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 6113112208 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 6113112208 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM 6113112208 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 6113112208 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar servis bawah bola voli dengan menggunakanpenerapan pendekatan bermain danpendekatanteknik pada siswa kelas IX Mts. Ex PgaProyek UNIVA Medan Tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes hasil belajar pada test awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakanpenerapan pendekatan bermain danpendekatanteknik yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi servis bawah dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuan .
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan penerapanpendekatan bermaindanpendekatanteknik (post-test I) yang diperoleh 4 siswa (13,33%) Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penerapan pendekatan bermaindanpendekatanteknik. (2) dari test hasil belajar menggunakan penerapan pendekatan bermaindanpendekatanteknik, disiklus I diperoleh 17 orang siswa (56,67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa belum mencapai ketuntasan. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai (67,9%).
Kemudian dilakukan kembali pembelajaran denhngan menggunkan penerapan pendekatan bermaindanpendekatateknik yang berbeda. (3) Dari test hasil belajar siklus II di siklus II diperoleh 26 orang siswa (86,66%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata (76,46%). Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II peningkatan hasil belajar klasikalnya 80%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapanpendekatanbermaindanpendekatanteknikdalammeningkatkanhasilbelajarservisbawahpermainan bola volipadasiswakelas IX Mts. Ex Pga.ProyekUniva Medan Tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 042 |
Keywords: | Hakikat pendekatan bermain; hakikat permainan bola voli; hakikat hasil belajar; hakikat servis bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8163 |