Siregar, Idasari (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BERINGIN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126172018 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 8126172018 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. 8126172018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. 8126172018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. 8126172018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 8126172018 TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. 8126172018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. 8126172018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
12. 8136172018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
13. 8126172018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengembangan media edutainment dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik dengan menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beringin sebanyak 30 orang dan objek penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan. 2) efektivitas pengembangan media edutainment dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, meliputi: (a) pencapaian tujuan belajar siswa dilihat dari kemampuan komunikasi matematis siswa baik secara individu maupun klasikal, (b) kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran, (c) tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran; (d) respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran; Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru, angket respons siswa serta tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan ( Media Edutainment, RPP dan LAS) sudah memenuhi tingkat kevalidan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,790. Berdasarkan data yang diperoleh dari ujicoba terhadap media pembelajaran diketahui bahwa: 1) media yang dikembangkan telah dapat memenuhi efektivitas proses pembelajaran, dimana: (a) persentase ketuntasan belajar siswa yang mencapai tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa 86,67% secara klasikal dari 30 orang siswa yang mengikuti tes dengan nilai minimal 2, 67 (B- ); (b) kadar aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi waktu ideal dengan pemanfaatan LAS yang baik dalam pembelajaran pada ujicoba I maupun ujicoba II, (c) kemampuan guru pada ujicoba I sebesar 2,90 dan pada ujicoba II sebesar 4,22, (d) respons siswa terhadap media dan proses pembelajaran sudah positif pada ujicoba I maupun ujicoba II; 2) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada postes ujicoba I yaitu 2,71 meningkat menjadi 2, 84 pada ujicoba II dengan peningkatan rata-rata pada kategori sedang (rata-rata N-gain = 0,568).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | Media berbasis edutainment; Pendekatan matematika realistik; Kemampuan komunikasi matematis siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8160 |