Rambe, Siti Aisyah (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN WORD SQUARE MODEL PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD. AL-WASHLIYAH KECAMATAN MEDAN AREA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111065 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
1113111065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
1113111065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
1113111065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1113111065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
1113111065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
1113111065 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1113111065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1113111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1113111065 BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
1113111065 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1113111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada materi pesawat sederhana di kelas V SD. Al-Washliyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran word square dan untuk membuktikan dengan menggunakan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-a SD. Al-Washliyah Kecamatan Medan Area Tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Dan hasil penelitian yang diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret sampai mei 2015.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran word square dapat meningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa untuk setiap siklus. Pada siklus I pertemuan 1 siswa yang dikategorikan aktif ada 5 orang siswa dengan persentase (17.85%), pada siklus I pertemuan 2 siswa yang dikategorikan aktif ada 9 orang siswa dengan persentase (32,14%), kemudian pada siklus II pertemuan 1 siswa yang dikategorikan aktif ada 24 orang siswa dengan persentase (85.71%), dan pada siklus II pertemuan 2 siswa yang dikategorikan aktif ada 27 orang siswa dengan persentase (96.42%). Dapat dilihat bahwa dari data tersebut aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD. Al-Washliyah Kecamatan Medan Area Tahun ajaran 2014/2015. Sehingga model pembelajaran word square dapat diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 010 |
Keywords: | Aktivitas Belajar ; Word Square Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8137 |