Siregar, Fatmawati (2015) TUTORDALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI TPA DIRAS KELURAHAN HARJOSARI II KECAMATAN MEDAN AMPLAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103371013 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1103371013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
1103371013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
1103371013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1103371013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1103371013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1103371013 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103371013 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
1103371013 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1103371013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
1103371013 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi tutor dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di TPA Dira’s Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Strategi tutor dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang strategi pembelajaran menurut Wena Made (2009), kemudian teori tentang strategi pembelajaran yang dilakukan tutor menurut Busthomi Yazid (2012) dan juga teori tentang Kecerdasan emosional menurut Salovey Peter (2012).Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 4 orang tutor dan 7 peserta didik TPA Dira’s. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan langkah : Pengumpulan data, Reduksi data, Display data, dan Menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Tutor Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Di TPA Dira’s Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas dilakukan dengan mengunakan: strategi pengajaran doa-doa dan surat-surat pendek dengan keseharian anak, strategi pembacaan dongeng atau buku cerita sebelum tidur, strategi pemberian puji-pujian terhadap prilaku positif anak, strategi mendengarkan lagu-lagu anak yang islami, memberikan kesempatan menonton kartun kepada anak. Dari hasil wawancara dan observasi terungkap bahwa, Strategi tutor dalam pembelajaran dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak di TPA Dira’s Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas dan apabila strategi tersebut diterapkan maka hasilnya akan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.83 Sir s |
Keywords: | Kurikulum IPA; Perkembangan Anak; Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8131 |