Angkat, Idham Hadi (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MIN NO. 473 SIDIKALANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313134 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313134 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
108313134 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
108313134 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
108313134 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108313134 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313134 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313134 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313134 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313134 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
108313134 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108313134 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIN No.473 Sidikalang dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia pada materi pokok percakapan.Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas V MIN No.473 Sidikalang yang berjumlah 34 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Dimana saat observasi, hampir seluruh siswa yang hasil belajarnya masih rendah khususnya pada pelajaran bahasa Indonesia, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan selama 35 menit. Dalam setiap siklus akan diberikan tes kepada siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang tuntas hasil belajarnya pada kondisi awal hanya 7 orang siswa (20,59%) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 27 orang siswa (79,41%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 46,18. Setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 orang siswa (41,18%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 20 orang siswa (58,82%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 62,06. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 orang siswa (82,35%). Dan 6 orang siswa (17,65%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 78,53. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran role playing di kelas V/A MIN No.473 Sidikalang. Dengan hasil yang diperolehdari 34 siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar. ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pokok percakapan di kelas V MIN NO. 473 Sidikalang, oleh karena itu disarankan kepada guru, agar menggunakan metode role playing dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.659 8 Ang u |
Keywords: | hakikat pembelajaran; Bahasa Indonesia; metode pembelajaran; hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8116 |