PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSIONAL ANAK USIA5-6 TAHUN DI PAUD PUTRI BETUNG GAYO LUEST.A 2014/2015

Lisdailya (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSIONAL ANAK USIA5-6 TAHUN DI PAUD PUTRI BETUNG GAYO LUEST.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109098016  COVER.pdf]
Preview
Text
109098016 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 109098016  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109098016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of 109098016  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109098016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 109098016  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109098016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 109098016 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109098016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109098016 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109098016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 109098016  BAB I.pdf]
Preview
Text
109098016 BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 109098016 BAB V.pdf]
Preview
Text
109098016 BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 109098016 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109098016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini (1) Pendidikan lebih banyakmengutamakan perkembangan bahasa dan kognitif, sehingga porsi untukpembelajaran membaca, menulis, dan berhitung lebih diutamakansedangkan pembelajaran sosial emosional hanya sebagai sisipan saja. Didalam program kegiatan belajar mengajar perkembangan sosial emosionalsudah memiliki program khusus, tetapi untuk pelaksanaannya kurangmendapatkan porsi yang sesuai, (2) Kurangnya pemahaman guru danorang tua dalam merangsang kemampuan mengelola emosional anak,(3)Guru kurang mengetahui musik anak-anak yang terbaru, sehingga anakmerasa agak bosan mendengarkan lagu itu-itu saja seperti lagu potongbebek angsa,(4) Musik kurang dimanfaatkan sebagai perangsangkemampuan mengelola emosional anak, (5)orang dewasa sering kalimemberikan contoh perilaku negatif pada anak usia dini yang dalam tahapperkembangannya adalah mengimitasi (mencontoh orang dewasa). Orangdewasa seperti orangtua yang cenderung memberi contoh negatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruhPenggunaan Musik Terhadap Kemampuan Mengelola Emosional AnakUsia 5-6 Tahun Di Paud Putri Betung Gayo Lues T.A 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalampenelitian ini kelas B1 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 20orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembarobservasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahulu diujinormalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F.Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai padakelas eksperimen 9,1 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 4,sehingga kemampuan mengelola emosional anak pada kelas eksperimentergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelaskontrol 7 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 2, sehinggakemampuan mengelola emosional anak pada kelas kontrol tergolongdalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hasil uji hipotesis diperolehthitung > ttabel yaitu 2,555 > 1,048 pada taraf α = 0.05. Dengan demikianhipotesis yang menyatakan bahwa penggunaan musik berpengaruhterhadap Kemampuan mengelola emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PaudPutri Betung Gayo Lues T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 374.014 Lis p
Keywords: Emosional Anak; Musik; Instrumen Musik; Guru;Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 05:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item
View Item