Lubis, Dyah Putri Permata Sari (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR USIA 5-6 TAHUN.DI PAUD BUDI SETIA KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG, TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113313005 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1113313005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
1113313005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113313005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1113313005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1113313005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1113313005 BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
1113313005 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1113313005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya MeningkatkanKemampuan Bahasa Anak Melalui Penggunaan Media Buku Cerita BergambarUsia 5-6 Tahun. Di PAUD Budi Setia Kecamatan Sunggal Kabupaten DeliSerdang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upayameningkatkan kemampuan bahasa anak melalui penggunaan media buku ceritabergambar usia 5-6 tahun di PAUD Budi Setia Kecamatan Sunggal KabupatenDeli Serdang.Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan.Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 25 orang, yang terdiridari 17 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Alat pengumpul data yangdigunakan peneliti adalah lembar observasi. Teori belajar bahasa dari Miswandi,teori belajar dan pembelajaran dari minat dari Winata Putra dan Udin S., teoribercerita untuk anak usia dini dari Tadkiroatun Musfiroh, teori pengembanganmedia pembelajaran dari Nurgiantoro teori konsep dasar pendidikan Anak UsiaDini dari Sudijono dan Yuliani.Hasil analisis siklus I yaitu pertemuan I, 2 anak (10%) pada kategorikurang, 21 anak (80 %) pada kategori cukup, 2 anak (10%) pada kategori baiktidak ditemukan anak pada kategori baik sekali. Pertemuan II, 2 anak (10%) padakategori kurang, 16 anak (65%) pada kategori cukup, 6 anak (20%) pada kategoribaik, 1 anak (5%) pada kategori baik sekali.Hasil analisis siklus II yaitu, pertemuan I, 1 anak (5%) pada kategorikurang, 13 anak (60%) pada kategori cukup, 11 anak (35%) pada kategori baik,tidak ditemukan anak pada kategori baik sekali. Pertemuan II, 1 anak (5%) padakategori kurang, 1 anak (5%) pada kategori cukup, 19 anak (65%) pada kategoribaik, 4 anak (25%) pada kategori baik sekali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Lub u |
Keywords: | Bahasa; Klasifikasi Bahasa anak; Media Buku Cerita; Strategi tutur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8096 |